Panduan

FLOWCHART E-LEARNING PKP DFI

Flowchart

 

KETERANGAN FLOWCHART E-LEARNING

1. Registrasi On-Line

a) Untuk melakukan registrasi, ada dua tahap yang harus dilakukan, yaitu Mengisi Formulir Pendaftaran dan Mengunggah/ meng-upload Surat Permohonan dan Isian Formulir yang telah mendapatkan persetujuan pejabat berwenang.

b) Pada saat registrasi On-Line, calon peserta memilih jenis e-learning yang akan diikuti, yaitu e-learning Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) atau e-learning District Food Inspector (DFI).

c) Peserta hanya dapat mengikuti 1 jenis e-learning (PKP atau DFI) dalam 1 termin. Jika peserta telah menyelesaikan e-learning PKP, peserta dapat mengikuti e-learning DFI. Demikian pula jika peserta telah menyelesaikan e-learning DFI, peserta dapat mengikuti e-learning PKP.

2. Verifikasi Calon Peserta

a) Formulir registrasi yang dikirimkan oleh calon peserta e-learning akan diverifikasi oleh Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan dan / atau Balai Besar / Balai Pengawas Obat dan Makanan (BB/BPOM) setempat.

b) Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan memverifikasi calon peserta dari BB/BPOM, sedangkan BB/BPOM memverifikasi calon peserta dari Dinas Kesehatan / instansi terkait Kab / Kota setempat.

c) Hasil verifikasi BB/BBPOM dikirimkan ke Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan.

3. Pemberitahuan Peserta e-learning

a) Peserta yang lulus verifikasi dan disetujui untuk mengikuti e-learning, akan diberikan username dan password yang akan disampaikan melalui e-mail yang bersangkutan dan e-mail BB/BPOM dan/atau Dinas terkait. (Mohon cek folder Spam, jika email pemberitahuan tidak ada di inbox email peserta)

b) Username dan password akan digunakan oleh peserta untuk Login ke aplikasi e-Learning PKP DFI.

4. Pre Test

a) Pre test ini bertujuan untuk memberikan informasi awal mengenai tingkat pemahaman materi keamanan pangan e-learning.

b) Pre Test dilakukan melalui e-learning, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

c) Peserta akan diberikan kata kunci untuk dapat masuk ke tahap pre test.

d) Kata kunci akan diberikan kemudian melalui email.

5. Asesmen Mandiri

a) Asesmen mandiri bertujuan untuk mengetahui gap antara kemampuan atau kompetensi peserta sebelum mengikuti e-Learning dengan output yang diharapkan setelah mengikuti e-Learning.

b) Peserta dapat melakukan asesmen mandiri apabila sudah melaksanakan pre test.

c) Peserta akan diberikan kata kunci untuk dapat masuk ke tahap pre test.

d) Kata kunci akan diberikan kemudian melalui email.

6. Belajar Mandiri

a) Setelah melakukan Asesmen Mandiri, tahapan selanjutnya adalah belajar mandiri.

b) Peserta diberi kesempatan untuk mempelajari secara mandiri seluruh modul e-learning melalui e-learning.

c) Modul akan dapat diakses setelah peserta mendapatkan kata kunci yang diberikan kemudian melalui email. .

7. Tutorial on Line

a) Setelah tahapan belajar mandiri, tahap selanjutnya adalah tutorial secara online.

b) Pelaksanaan tutorial online untuk setiap modul berlangsung sesuai jadwal yang ditetapkan.

c) Selama jadwal tutorial online, peserta dapat melakukan tanya jawab secara langsung dengan tutor mengenai modul e-learning melaluie-learning.

d) Peserta dapat melakukan tutorial online setelah mendapatkan kata kunci yang diberikan kemudian melalui email. .

8. Praktek Kerja Lapang (PKL)

a) Praktek kerja lapang dilakukan setelah tahap tutorial online, sesuai jadwal yang ditetapkan.

b) Pada praktek kerja lapang ini, peserta diminta untuk melakukan praktek sesuai penugasan (peserta akan diberi penugasan dan membuat laporan dalam bentuk portofolio)

c) PKL ini dapat dilakukan secara terintegrasi dan sinergis dengan pelaksanaan tugas di BB/BPOM dan/atau Dinas terkait yang bersangkutan dan didampingi oleh supervisor/pendamping dari BB/BPOM yang bersangkutan.

d) Supervisor/pendamping adalah petugas BB/BPOM yang sudah memiliki sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan dan/atau DFI dengan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun.

e) Untuk e-learning PKP:

  • Peserta diminta untuk menunjukkan bukti pelaksanaan penyuluhan keamanan pangan yang sudah dilakukan dengan didampingi oleh supervisor/pendamping yang telah memiliki sertifikat PKP, sesuai dengan unit kompetensi PKP.
  • Peserta wajib membuat laporan pelaksanaan penyuluhan keamanan pangan disertai dengan bukti-bukti pendukung seperti Surat Perintah Pelaksanaan Tugas, materi penyuluhan yang disampaikan, daftar hadir peserta penyuluhan keamanan pangan, notulensi acara penyuluhan keamanan pangan, dokumen lainnya terkait persyaratan unit kompetensi dan dokumentasi pelaksanaan penyuluhan keamanan pangan.
  • Laporan pelaksanaan penyuluhan keamanan pangan dibuat sesuai dengan outline pelaporan dan dikirimkan dengan cara meng-upload laporan melalui fasilitas upload pada menu Praktek Kerja Lapang, dan dikumpulkan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah pelaksanaan PKL selesai.
  • Pelaksanaan praktek lapang hingga penyerahan laporan praktek lapang dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

f) Untuk e-learning DFI:

  • Peserta diminta untuk menunjukkan bukti pelaksanaan inspeksi dan penilaian keamanan pangan terhadap sarana IRTP dengan didampingi oleh supervisor/pendamping yang telah memiliki sertifikat DFI.
  • Peserta wajib membuat laporan pelaksanaan inspeksi dan penilaian keamanan pangan disertai dengan bukti-bukti pendukung seperti Surat Perintah Pelaksanaan Tugas, formulir inspeksi dan penilaian keamanan pangan yang digunakan, dokumen lainnya terkait persyaratan unit kompetensi dan dokumentasi tiap bagian dari sarana yang diinspeksi sesuai dengan masing-masing parameter yang ada pada formulir pemeriksaan sarana IRTP.
  • Laporan pelaksanaan inspeksi dan penilaian keamanan pangan dibuat sesuai dengan outline pelaporan dikirimkan dengan cara meng-upload laporan melalui fasilitas upload pada menu Praktek Kerja Lapang, dan dikumpulkan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah pelaksanaan PKL selesai.
  • Pelaksanaan praktek lapang hingga penyerahan laporan praktek lapang dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

9. Post Test

a) Post Test ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai profil peserta tentang pengetahuan keamanan pangan setelah mengikutie-learning.

b) Post Test dilakukan melalui e-learning, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

c) Peserta yang tidak dapat melakukan Post Test sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, harus segera menghubungi Tim e-learning.

d) Peserta akan diberikan kata kunci untuk dapat masuk ke tahap post test. Kata kunci akan diberikan kemudian melalui email.

10. Uji Kompetensi

a) Setelah tahapan Post Test, tahap akhir dari e-learning adalah pelaksanan uji kompetensi.

b) Uji kompetensi dilakukan oleh Tim e-learning di masing-masing BB/BPOM sesuai jadwal yang ditetapkan.

c) Pemberitahuan pelaksanaan ujian akan diinformasikan secara tertulis melalui surat pemberitahuan kepada Kepala BB/BPOM yang bersangkutan dan / atau Kepala Dinas terkait